fbpx

Jok mobil merupakan salah satu bagian dari mobil yang memiliki peran yang tak kalah penting dengan berbagai komponen yang ada di dalam mobil. Selain menambah keindahan interior mobil, dengan adanya jok pada mobil ini juga memberikan kenyamanan tersendiri bagi pemiliknya.

Di pasaran sendiri kini juga telah banyak tersedia aneka jenis jok mobil salah satunya ialah jok mobil berbahan kulit. Jok kulit ini memang juga telah memiliki banyak peminat.

Namun, perawatan jok mobil berbahan kulit ini harus hati-hati karena sifatnya yang mudah luntur serta menua sehingga sebagian besar orang merasa bingung mengenai cara untuk membersihkannya. Nah, jika Anda juga merasa bingung mengenai cara yang tepat untuk membersihkan jok kulit maka Anda dapat menyimak beberapa tips berikut ini.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Membersihkan Jok Pada Mobil Yang Berbahan Kulit

Gunakan Perangkat Pembersih Yang Memang Dikhususkan Untuk Jok Yang Berbahan Kulit

Jok mobil yang berbahan kulit memang membutuhkan perawatan yang lebih ekstra hati-hati dari pada jok yang berbahan tenun atau vinil. Ini disebabkan karena jok yang berbahan kulit lebih mudah luntur serta menua. Solusi terbaik untuk membersihkan jok kulit ini ialah dengan menggunakan perangkat pembersih dan kondisioner yang memang dikhususkan untuk jok kulit.

Cara menggunakan pembersih khusus untuk jok kulit ini cukup mudah yakni Anda tinggal mengoleskan pembersih tadi ke jok Anda dan fokuslah pada satu bagian saja. Untuk menggosok pembersih ada baiknya Anda gunakan lap yang bersifat lembut. Setelah itu, bilas dengan air bersih secara menyeluruh.

Nyalakan Pemanas Pada Mobil

Jok yang berbahan kulit akan bereaksi terhadap panas dan juga akan mudah menerima pembersih di lingkungan yang memiliki suhu yang hangat. Jika Anda berada di daerah yang cukup dingin maka sebaiknya Anda menyalakan pemanas mobil selama beberapa menit sebelum membersihkan jok kulit Anda.

Pra-Perawatan Untuk Kotoran Yang Membandel

Apabila ada kotoran membandel pada jok kulit Anda maka ada baiknya lakukan pra-perawatan dengan menggunakan kondisioner. Caranya cukup mudah yakni oleskan kondisioner pada tempat yang bernoda dan gosok hingga bersih. Diamkan selama 30 detik lalu gunakan lap untuk membersihkannya.

BACA LAGI  Tips memilih Kulit Jok Mobil Nyaman Serta Berkualitas

Dapat Menggunakan Pembersih Yang Lembut Yang Dibuat Sendiri

Adapun cara untuk membuat pembersih lembut ini yakni dengan mencampurkan sabun batang dengan air hangat yang nantinya akan digunakan untuk mencuci jok kulit. Setelah itu bilas dan kemudian keringkan secara menyeluruh dengan menggunakan sebuah kain yang bersih.

Keringkan Jok Kulit

Selesai dibersihkan, pastikan Anda memeriksa apakah jok benar-benar kering atau masih basah sebelum memakai kondisioner. Meskipun jok yang berbahan kulit mampu menahan air namun ia tidak akan mampu menahan kondisioner apabila dalam kondisi basah.

Gunakan Kondisioner Yang Memang Khusus Untuk Jok Kulit Dengan PH Normal Berbasis Air

Penggunaan kondisioner khusus untuk jok kulit mampu mengisi ulang minyak yang dapat membuat jok terasa halus. Selain itu, kondisioner khusus untuk jok kulit ini juga lebih murah harganya. Kondisioner ini juga dapat meninggalkan pelitur yang berlemak. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan kondisioner khusus untuk jok kulit dengan pH normal berbasis air.

Gunakan Sikat Gigi

Pada bagian dudukan jok terdapat bagian-bagian sempit yang dimana pada pada bagian tersebut menjadi tempat berkumpulnya kotoran dan juga debu. Untuk itu, gunakan sikat gigi untuk bagian-bagian yang sempit pada jok kulit Anda bersamaan dengan penggunaan pembersih yang Anda gunakan.

Bersihkan Keset Mobil

Setelah Anda selesai mencuci jok kulit mobil Anda maka hal terakhir yang dapat dilakukan ialah bersihkan keset mobil Anda. Untuk membersihkannya Anda cukup membuat pembersih jok sendiri dengan mencampurkan 1 bagian air serta 1 bagian sabun cair yang biasa digunakan untuk mencuci piring. Semprotkan ke bagian keset lalu bilas dengan air hangat. Lalu, keringkan keset dengan kain serat mikro.

Dengan rutin membersihkan jok pada mobil Anda yang berbahan kulit ini bukan tidak mungkin jok kulit pada mobil Anda akan senantiasa tampak bersih dan tentunya lebih terawat. Supaya lebih awet lagi, maka Anda juga bisa melapisi jok kulit dengan sarung jok.

Tentunya Anda harus memperhatikan berbagai tips memilih sarung jok mobil dengan baik supaya mendapatkan sarung berkualitas tinggi. Dengan demikian maka jok kulit Anda akan semakin tahan lama.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!