fbpx

Mesin mobil merupakan komponen terpenting pada mobil sehingga harus dilakukan perawatan agar mesin tetap awet dan tidak mudah rusak. Perawatan mesin mobil akan menambah rasa nyaman tersendiri ketika mobil digunakan.

Hal tersebut dikarenakan kondisi dari mesin mobil selalu diketahui keadaannya sehingga mesin mobil yang normal akan membuat pengendaranya lebih betah menggunakan mobil tersebut.

Untuk menjaga kondisi mobil yang sehat serta prima maka dibutuhkan perawatan mobil secara menyeluruh dan maksimal. Apalagi jika mobil yang Anda miliki digunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari dan sering digunakan untuk menempuh perjalanan jarak jauh. Sebagai alat transportasi, mobil tentunya membutuhkan perawatan khusus agar tidak mudah rusak.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Jangan asal merawat mesin mobil, karena niat Anda untuk merawat justru bisa merusaknya. Semua perawatan tentu memiliki cara masing-masing. Oleh sebab itu lakukan perawatan mesin mobil dengan benar. Agar Anda tidak salah dalam merawat mesin mobil, maka perhatikan beberapa hal berikut ini.

6 Tips Sederhana Merawat Mesin Mobil Agar Tetap Awet

Ganti Oli secara Rutin

Mesin mobil akan bekerja sesuai dengan kondisi oli yang ada. Untuk merawat mesin mobil agar tetap prima, maka lakukan pengecekan oli secara rutin. Jika mobil sudah digunakan untuk menempuh jarak 3.000 hingga 5.000 km, maka segera ganti oli agar mesin mobil bisa bekerja dengan baik dan kondisi dari mesin tetap prima.

Pemilihan oli yang tepat juga akan berpengaruh terhadap mesin mobil. Oleh sebab itu gunakan oli mobil yang standar untuk menjaga mesin mobil dan tidak mengalami over heating atau panas yang berlebih. Oli memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga komponen-komponen pada mesin mobil. Hal tersebut dikarenakan oli berfungsi untuk menahan gesekan yang terjadi pada mesin.

Cek Cairan Radiator atau Coolant secara Rutin

Radiator atau coolant memiliki peranan penting untuk menetralisir suhu pada mesin mobil. Apabila air pada radiator sampai kosong atau kehabisan, maka tidak hanya merusak mesin mobil saja. Namun juga akan membahayakan pengemudi. Sebab radiator yang tidak memiliki cairan akan menyebabkan panas yang berlebih atau biasa disebut dengan overheating.

BACA LAGI  Inilah Manfaat Menggunakan Cover Mobil Urban Deluxe

Jadi peranan radiator untuk menjaga mesin mobil sangatlah penting. Untuk itu, sek secara rutin cairan radiator demi keselamatan dan keawetan mesin mobil yang Anda miliki. Jangan sampai suhu pada mesin mobil terlalu panas dan tidak stabil karena bisa berbahaya bagi keselamatan pengemudinya.

Rawat dengan Baik Filter Karburasi

Bersihkan secara rutin filter karburasi agar tidak menyebabkan mesin mobil susah untuk dihidupkan. Karena penyebab dari kotornya saringan karburasi akan membuat mesin mobil susah dihidupkan. Cara membersihkan saringan filter karburasi ini cukup mudah.

Gunakan sikat gigi atau sejenisnya untuk membersihkan saringan filter karburasi dan jangan gunakan alat pemanas seperti hair dryer untuk membersihkannya. Karena hal tersebut bisa menimbulkan kerusakan pada lapisan filter karburasi.

Hindari Pengereman Mendadak

Saat pengemudi melakukan pengereman secara mendadak, maka akan menyebabkan kampas ren pada mobil Anda menjadi mudah rusak serta akan menyebabkan hentakan pada setiap komponen mobil yang Anda gunakan. Sebaiknya lakukan pengereman secara pelan-pelan dan gunakan kendaraan jangan terlalu cepat agar pengereman mendadak bisa dihindari.

Parkir Mobil di Tempat yang Teduh

Saat bepergian Anda sudah sampai di tempat tujuan, maka carilah tempat parkir yang teduh. Hal ini bertujuan untuk menjaga warna cat mobil yang Anda gunakan. Karena warna cat pada mobil akan mudah pudar jika berpaparan secara langsung dengan sinar matahari.

Mencari tempat parkir yang teduh merupakan solusi yang tepat untuk menjaga warna cat mobil agar tetap awet dan tetap enak dipandang karena tidak mengalami pemudaran terhadap warna cat mobil.

Gunakan Cover Mobil

Saat Anda tidak menemukan tempat yang teduh untuk parkir mobil, maka Anda bisa gunakan mantel mobil agar tidak berpaparan secara langsung dengan sinar matahari sehingga warna cat mobil Anda tetap terjaga dan tidak mudah pudar.

Selain digunakan di tempat parkir yang panas, cover atau mantel mobil juga bisa digunakan untuk menjaga mobil agar tidak terkena hujan saat hujan turun. Rawatlah mobil Anda dengan cara yang baik agar mesin mobil selalu dalam keadaan prima.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!