fbpx

Selain mengisi bahan bakar, mobil juga perlu perawatan yang harus dilakukan secara teratur. Dengan begitu mobil Anda juga akan tahan lebih lama dan semua interior maupun eksterior menjadi terawat dengan baik.

Untuk perawatan mobil juga bisa dilakukan dengan biaya pemeliharaan yang lebih hemat, tapi mobil tetap awet. Lakukan perawatan mulai dari hal yang kecil sampai perawatan menyeluruh.

Terutama saat Anda sering melakukan parkir mobil di luar ruangan atau sembarangan tempat. Maka perawatan sangat perlu dilakukan supaya dapat mencegah kerusakan mobil yang berlebihan.

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Cara Melakukan Perawatan Mobil yang Perlu Anda Tahu

Pemilihan Bahan Bakar yang Tepat

Saat Anda menggunakan dan memiliki mobil, maka kondisi pasti akan ditentukan dengan perawatan yang Anda lakukan. Salah satunya merupakan pemilihan bahan bakar yang baik dan tepat.

Selain itu di Pertamina atau pom bensin juga sudah ada beberapa pilihan. Mulai dari Pertamax, Pertalite dan yang lainnya. Untuk pemilihan bahan bakar ini bisa dilihat dari nilai oktan yang telah disarankan oleh pabrik.

Nilai oktan sendiri termasuk angka yang akan menunjukkan besarnya tekanan. Tekanan akan muncul sebelum pengisian bahan bakar yang terbakar secara spontan. Semakin tinggi nilai oktan, maka BBM akan semakin lambat terbakar. Berguna untuk mesin kendaraan, tidak meninggalkan sisa yang akan mengganggu kinerja mesin mobil.

Mengganti Oli Filter dan Oli Mobil Tepat Waktu

Oli mesin dan oli filter biasanya memiliki masa kadaluarsa. Karena oli mesin sendiri memiliki fungsi yang cukup penting, terutama untuk melumasi mesin supaya dapat mengurangi gesekan dalam mesin mobil.

Saat oli berkurang, maka akan berdampak seperti tersumbat dan mesin menjadi penuh kotoran. Sirkulasi oli tidak bisa bekerja lebih maksimal dan potensi kerusakan akan membuat Anda mengeluarkan biaya yang mahal.

Lakukan Pengecekan Air Mobil

Saat Anda melakukan pengecekan secara teratur, maka Anda perlu cek aki mobil. Setidaknya 2 minggu sekali saat menggunakan aki basah. Pastikan minyak rem berada di atas batas minimum. Hal ini dilakukan karena saat kekurangan minyak, terutama dalam jumlah banyak maka akan menyebabkan rem blong. Untuk minyak rem, dapat diganti setiap 50.000km.

BACA LAGI  Inilah Ciri-ciri Selimut Mobil yang Bagus

Sedangkan air wiper juga harus diisi, dengan begitu karet akan tetap licin serta bekerja dengan baik. Minyak power steering juga akan sangat bermanfaat untuk mobil dan minimal diganti setiap 20.000km. Pada oli gardan akan berfungsi yang dapat melumasi gardan saat bergesekan dengan komponen lain.

Selain itu ada juga oli transmisi matic yang harus dicek secara berkala. Minimal 2 minggu sekali dan lakukan pergantian oli setelah mobil menempuh jarak sampai 20.000km.

Bersihkan Bagian Luar Mobil dengan Baik

Saat Anda selesai melakukan pengecekan semua bagian mobil. Maka lanjutkan dengan membersihkan bagian luar mobil. Mulai dari mencuci mobil saat pagi dan sore hari, perhatikan juga teknik mengelap mobil.

Mobil juga perlu dilakukan paint protection dan proses detailing. Hindari menggunakan sabun yang menggunakan bahan detergen. Bisa gunakan kemoceng untuk membersihkan mobil dari debu.

Gunakan Sarung Mobil

Setelah mobil sudah bersih, maka Anda dapat menggunakan cover mobil. Tapi sebelum menggunakan sarung mobil, pastikan mobil sudah benar-benar bersih. Karena debu sendiri sangat mudah tertimbun dengan cepat. Tapi untuk Anda yang ingin membeli sarung mobil, pastikan memilih bahan yang halus.

Maka mobil tidak akan mengalami goresan pada lapisan cat dan tidak merusak cat mobil tersebut. untuk menghindari mobil dari lecet dan memastikan sarung mobil terbuat dari bahan halus, bisa cari tips yang bisa dilakukan.

Mulai dari menghindari cover atau sarung mobil dengan bahan sintetis 100%. Lebih baik menggunakan cover mobil dari bahan breathable fabric. Pilih yang memiliki lapisan cukup banyak atau 4 lapisan.

Pada lapisan pertama memiliki bahan coating supaya air tidak menumpuk pada cover mobil. Anda bisa mengetahuinya setelah menyemprotkan air ke sarung mobil dan akan timbul efek daun talas. Lapisan kedua biasanya memiliki pori-pori supaya mobil dapat bernafas.

Untuk lapisan ketiga dapat memperkuat komposisi lainnya. Sedangkan bagian dalam atau lapisan ke empat terbuat dari bahan yang lembut yang tidak akan menimbulkan gesekan pada body atau cat mobil.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!