fbpx

Merawat dan juga menjaga mobil untuk selalu berada dalam kondisi prima merupakan hal yang penting dilakukan. Dengan melakukan hal tersebut, kendaraan Anda akan semakin awet dan tahan lama. Di samping itu juga bisa memberikan kenyamanan serta keselamatan bagi siapa saja yang menggunakannya.

Bagi Anda yang baru menggunakan mobil dan belum terlalu mahir untuk membawanya mungkin akan timbul masalah goresan atau baret pada mobil karena kesalahan saat memarkir mobil Anda. Untuk menghindari hal-hal seperti itu yang bisa membuat mobil menjadi rusak, sangat disarankan bagi Anda untuk bisa memahami serta melakukan beberapa tips yang baik untuk merawat mobil Anda agar awet.

Beberapa Tips dalam Merawat Mobil

Melakukan Servis Secara Berkala

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Pastikan Anda untuk rajin melakukan servis secara berkala. Servis berkala biasanya meliputi berbagai hal seperti ganti oli, membersihkan eksterior maupun interior mobil, penambahan cairan radiator, pengecekan kondisi baterai atau aki mobil, pemeriksaan pelumas pada rem, dan lain sebagainya. Dengan rajin melakukan servis berkala ini, Anda juga jadi tahu kondisi dari kendaraan Anda.

Rutin Mengganti Oli Mobil

Mengganti oli mobil secara rutin perlu Anda lakukan agar mobil Anda bisa bertahan lama. Agar Anda bisa mengganti oli mobil secara tepat waktu, ada baiknya Anda menyediakan catatan khusus untuk mengingatkan kapan waktu untuk mengganti oli berikutnya. Anda bisa menulisnya di buku atau juga dengan memanfaatkan teknologi yang ada yaitu dengan menulis pengingat di smartphone Anda.

Oli mobil biasanya diganti saat sudah menempuh perjalanan kurang lebih 5.000 kilometer. Jika Anda sering mengalami macet, maka Anda bisa melakukan pergantian setiap 7.500 kilometer. Untuk melakukan penggantian oli ini, pilihlah tempat yang resmi dan menyediakan oli terbaik bagi mobil Anda.

Menjaga Kondisi Cat Mobil

Salah satu cara untuk merawat mobil Anda agar tetap awet adalah dengan menjaga warna dari cat mobil Anda. Saat memilih mobil biasanya yang dilihat adalah tampilannya. Penampilan ini salah satunya dipengaruhi oleh jenis dan kualitas cat yang digunakan.

BACA LAGI  Cara Mengendarai Mobil Matic dengan Benar dan Cepat Lancar

Cat yang rusak bisa disebabkan oleh banyak faktor, Salah satunya adalah baret pada bodi mobil yang disebabkan karena salah saat parkir dan senggolan. Oleh karena itu sebisa mungkin hal ini dihindari.

Faktor lain adalah kesalahan dalam mencuci mobil. Untuk mencuci mobil sebaiknya menggunakan sabun cuci yang khusus digunakan untuk mencuci mobil. Kemudian untuk mengeringkannya juga tidak boleh sebarangan di mana Anda harus menggunakan lap yang halus dan juga tidak merusak mobil.

Selain itu, jika Anda memarkirkan mobil disarankan untuk menutupnya dengan selimut mobil yang bisa Anda beli di toko yang menjual cover mobil. Dengan menggunakan penutup tersebut, cat mobil Anda akan lebih awet karena terhindar dari lembap dan panas matahari.

Memperhatikan Penggunaan Bahan Bakar

Penggunaan bahan bakar yang kotor akan sangat mempengaruhi kinerja mesin dalam mobil Anda. Ketika Anda akan bepergian, usahakan untuk mengecek kondisi bahan bakar. Jika bahan bakar yang tersisa tinggal sedikit, segeralah mengisinya di tempat penjualan bahan bakar yang resmi agar bahan bakar yang Anda pakai terjamin kualitasnya dan tidak ada bahan campuran yang berpengaruh pada kinerja mesin.

Memperhatikan Penggunaan Air Radiator

Hal yang satu ini mungkin banyak orang lupakan padahal radiator ini memiliki peran yang cukup penting yaitu untuk menunjang performa dari mobil yang Anda miliki. Salah satu hal yang perlu dilakukan untuk menjaga mobil Anda agar tetap awet adalah dengan menggunakan air radiator yang tepat. Pastikan untuk tidak menggunakan air radiator yang kotor dan asal-asalan.

Jangan sampai pendingin mobil Anda banyak berisi kotoran karena penggunaan air yang asal-asalan. Anda bisa membeli air radiator di toko-toko yang menyediakan. Sebaiknya gunakanlah air radiator yang memiliki merek sesuai dengan yang dianjurkan untuk digunakan pada mobil Anda.

Itulah beberapa tips untuk merawat mobil Anda agar bisa tahan lama dan memberikan kenyamanan bagi Anda sendiri maupun keluarga Anda. Dengan memahami tips di atas diharapkan Anda bisa menerapkannya segera mungkin sebelum terlambat.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!