Tidak semua orang memiliki kesempatan untuk bisa selalu membeli mobil baru. Ada kalanya ketika membutuhkan kendaraan, seseorang harus membeli mobil bekas karena masalah anggaran. Sebenarnya ini bukan hal yang salah, terlebih ukuran bekas juga tergantung dari banyak faktor. Mobil bekas pun juga masih banyak yang memiliki kualitas sebagus mobil baru.

Untuk Anda yang sedang mencari mobil bekas, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu. Sebab tentu saja kondisi mobil bekas bisa sangat bervariasi, berbeda dengan mobil baru yang pasti sudah digaransi kemampuan dan performanya. Anda harus lebih teliti ketika akan membeli mobil bekas, dengan atau tanpa perantara.

Cara Jitu Terhindar Dari Penipuan Jual Beli Mobil

Lakukan Riset Terlebih Dahulu

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Sebenarnya sama seperti ketika akan membeli mobil baru, Anda juga harus melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu tentang mobil bekas yang akan Anda pilih. Bukan hanya dari segi kelebihan tetapi juga dari kekurangannya. Selain itu, riset juga mengenai keberadaan mobil tersebut di sekitar Anda.

Membeli mobil bekas dengan plat luar kota memang tidak salah, namun pikirkan juga nanti mengenai biaya balik nama dan lain sebagainya. Sesuaikan semua dengan anggaran yang sudah Anda susun. Lakukan riset juga mengenai beberapa kemungkinan pilihan mobil yang lainnya.

Bandingkan Catatan dengan Fakta

Jika Anda sudah memiliki gambaran tentang kelebihan dan kekurangan mobil yang Anda idamkan, saatnya untuk mencari mobil tersebut. Jika sudah mendapatkan mobil incaran, bandingkan info yang sudah Anda kumpulkan dengan keadaan faktual mobil incaran Anda.

Jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan mengenai kondisi mesin, tanggal terakhir kali dilakukan perawatan, jarak yang sudah ditempuh mobil tersebut dan lain sebagainya. Lakukan komunikasi dengan penjual perihal fitur-fitur yang ada di dalam mobil, terutama jika mobil sudah mengalami modifikasi di beberapa bagian.

Pastikan Alamat dan Identitas Penjual Tidak Fiktif

Seringkali, saat membeli mobil, ada banyak calon pembeli yang menggunakan perantara maupun melakukan pembelian melalui toko online. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, maka Anda harus rela untuk sedikit repot dengan melakukan pemeriksaan keaslian identitas penjual. Perhatikan nama, alamat serta asal-usul mobil tersebut.

Pilihlah mobil yang surat-suratnya sesuai dengan identitas penjual. Jangan membeli mobil yang nama di surat-suratnya berbeda dengan pemilik terbaru. Selain untuk menghindari penipuan, maupun jerat hukum, karena bisa jadi barang tersebut curian, memilih keselarasan nama ini juga akan memudahkan Anda ketika akan balik nama.

Anda tidak harus repot menghubungi nama pemilik lama mobil tersebut. Anda tinggal menghubungi penjual yang berhubungan dengan Anda langsung. Jika Anda menggunakan perantara, sampaikan hal ini kepada perantara Anda. Selain itu, memastikan kesesuaian data penjual bisa mempermudah Anda ketika ada keluhan tentang mobil yang Anda beli tersebut.

Lakukan Double Check

Setelah bertemu dengan mobil idaman Anda, lakukan kembali double check. Pastikan tidak ada bekas benturan, goresan yang dalam dan lain sebagainya. Pastikan tidak ada bekas kecelakaan di sana. Sebab, mobil yang pernah mengalami kecelakaan biasanya memiliki performa yang jauh menurun walaupun sudah mendapatkan perbaikan.

Selain itu, pilihlah warna mobil yang masih asli bawaan pabrik karena akan meningkatkan nilai jual jika Anda ingin melepas mobil tersebut kembali ke pasaran. Selain warna cat, pastikan juga warna jok, dan lakukan pengecekan terhadap keseluruhan performa mobil. Tanyakan juga apabila Anda bisa mendapatkan aksesoris mobil lainnya, seperti mantel mobil, dongkrak dan lain sebagainya juga. Jangan ragu untuk mencoba mobil tersebut atas persetujuan penjual.

Gunakan Platform Terpercaya

Jika Anda tidak memiliki perantara, ada banyak cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan mobil yang Anda inginkan. Internet adalah tempat berkumpulnya segala informasi yang Anda inginkan. Selain itu sudah ada banyak platform jual beli yang bisa Anda pergunakan untuk mempermudah pencarian.

Selalu gunakan platform terpercaya untuk menghindari penipuan. Selain itu, pilihlah penjual yang sudah terverifikasi dari platform tersebut. Baca testimoni dari pembeli lain yang sudah pernah melakukan transaksi dengan penjual tersebut. Hal ini adalah demi kebaikan Anda sendiri. Ketika akan memeriksa barang, Anda bisa mengajak kenalan Anda yang terpercaya untuk memberikan masukan.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!