fbpx

Ban mobil merupakan bagian penting yang harus dijaga dan dirawat dengan rutin oleh setiap pemiliknya. Mengingat fungsi dari ban adalah menopang seluruh berat mobil, maka ban yang tidak terawat justru akan membahayakan keselamatan penumpangnya. Selain itu, laju sebuah kendaraan juga dipengaruhi oleh keadaan ban. Ban dengan tekanan angin dan kondisi yang tepat membuat perjalanan lebih nyaman.

Saat melintas di jalan yang tidak rata dan bergelombang, ban merupakan satu-satunya bagian mobil yang mampu menahan guncangan. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan agar kondisi ban mobil tetap prima. Berikut ini cara sederhana merawat ban mobil agar tetap awet digunakan.

#1 Tekanan angin pas

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk merawat ban mobil adalah dengan memastikan bahwa tekanan anginnya pas. Tekanan angin yang kurang atau terlalu banyak membuat laju mobil tidak stabil atau goyang. Anda harus memastikan bahwa tekanan angin pada ban sesuai dengan yang ada pada buku panduan. Apabila sebuah ban mobil memiliki tekanan yang rendah maka semakin besar terjadinya gesekan antara ban dengan jalan.

Gesekan antara ban dengan jalan yang terlalu besar menyebabkan usia pakai ban menjadi pendek, bahkan ban menjadi mudah rusak dan pecah. Sedangkan tekanan angin yang terlalu besar menyebabkan permukaan ban licin, sehingga mobil menjadi mudah terpeleset.

#2 Melakukan rotasi ban

Cara merawat ban mobil agar awet yang selanjutnya adalah dengan melakukan rotasi ban. Rotasi atau perpindahan posisi ban ini merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Lakukan tukar posisi ban mobil sesuai tingkat kerusakan secara berkala. Untuk ban mobil bagian depan biasanya lebih banyak mengalami gesekan, baik itu dengan rem ataupun saat berbelok.

Sedangkan untuk ban mobil bagian belakang hanya mengalami sedikit gesekan karena mengikuti arah dari ban depan. Untuk merawatnya Anda bisa melakukan tukar posisi ban depan dan belakang secara rutin setiap menempuh jarak 5.000 m.

#3 Memperhatikan barang bawaan

Cara selanjutnya untuk merawat ban mobil agar awet digunakan adalah dengan memperhatikan barang bawaan yang ada di mobil. Banyak orang beranggapan bahwa tidak ada hubungan antara barang bawaan dengan kondisi ban mobil. Padahal semakin banyak dan berat barang bawaan maka beban yang diterima oleh ban mobil semakin besar.

BACA LAGI  Bedakan Bahan Dasar Cat Mobil Sebelum Membelinya

Jika membawa barang yang berat ini dilakukan terus-menerus maka akan menyebabkan gesekan yang terjadi antara ban dengan jalanan semakin besar. Akibatnya ban mobil menjadi lebih cepat rusak. Langkah yang tepat adalah dengan mengurangi jumlah barang bawaan. Jika tidak terlalu penting lebih baik ditinggal saja di rumah.

#4 Memeriksa kondisi ban secara rutin

Untuk mendapatkan ban mobil yang awet digunakan, Anda juga harus rutin memeriksa kondisi ban mobil. Terkadang karena aktivitas yang terlalu padat membuat pemilik mobil tidak sempat memeriksa kondisi ban, akibatnya ban menjadi mudah rusak. Apabila ban mobil dalam kondisi kotor penuh lumpur dan kotoran lainnya maka segera dibersihkan.

Kotoran atau lumpur yang menempel pada ban menyebabkan gaya gesekan dengan jalan semakin kuat dan membahayakan untuk berkendara. Akan lebih baik selalu menjaga agar kondisi ban mobil bersih, tanpa adanya kotoran atau lumpur yang menempel.

#5 Pemeriksaan rutin ke bengkel

Walaupun Anda telah melakukan perawatan dengan baik, pemeriksaan ke bengkel juga harus dilakukan. Adanya peralatan yang lengkap dan teknisi yang berpengalaman menjadikan kondisi ban bisa diperiksa lebih lanjut lagi. Lakukan pemeriksaan ke bengkel ini secara rutin agar saat terjadi suatu kerusakan pada bagian ban bisa segera ditangani oleh ahlinya.

Dengan melakukan perawatan rutin pada ban mobil maka perjalanan Anda akan terasa aman dan nyaman. Selain menjaga ban agar tetap prima, Anda juga perlu menjaga bodi dari mobil agar terlihat lebih menawan.

Cara merawat bodi mobil agar catnya tidak mudah buram adalah dengan memasang cover mobil yang bisa Anda dapatkan di toko yang jual cover mobil. Ban mobil yang prima disertai dengan bodi mobil yang mengkilap tentu membuat siapa saja yang memilikinya akan merasa senang dan nyaman.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!