Setiap memiliki sebuah barang yang baru pasti akan ada sensasi tersendiri, termasuk ketika memiliki mobil baru. Walaupun sudah sering mengendarai mobil, tetapi ketika berhadapan dengan tipe mobil yang berbeda pasti tetap dibutuhkan penyesuaian. Apalagi bagi mereka yang baru pertama kali memiliki mobil. Pastinya ada banyak hal yang harus diketahui oleh pemilik pemula untuk mobil baru mereka.

Perawatan mobil harus selalu sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan setiap pabrikan untuk produk mereka. Termasuk dalam memperhatikan aksesoris yang terdapat di dalam mobil, seperti cover mobil outdoor, ban serep, alas mobil dan lain sebagainya. Setiap detail mobil harus diperhatikan agar mobil bisa lebih awet.

Hal Yang Perlu Diketahui Para Pemilik Mobil Baru

Cara Mengganti Ban

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Setiap mobil yang sudah digunakan pasti membutuhkan pergantian maupun rotasi ban, termasuk juga mobil baru. Selain pergantian rutin, terkadang ada kejadian darurat yang mengharuskan Anda mengganti ban mobil. Beda tipe mobil pasti juga memiliki jenis ban dan velg yang berbeda, termasuk perlakuannya ketika pergantian ban.

Maka dari itu, tidak ada salahnya Anda mempelajari manual penggantian ban mobil untuk mengatasi keadaan darurat yang tidak memungkinkan Anda untuk mendapatkan bantuan.

Sebelum mengganti ban, selalu periksa kelengkapan peralatan yang Anda perlukan. Pastikan juga keberadaan dongkrak agar selalu ada di dalam bagasi mobil Anda. Apabila Anda belum memiliki pengalaman mengganti ban, Anda dapat mempelari tutorial semacam ini di internet maupun meminta petunjuk kepada mekanik ketika Anda melakukan perawatan rutin di bengkel.

Waktu Penggantian Oli

Oli memegang peranan penting di dalam menjaga performa mesin Anda. Selain untuk melubrikasi mesin, oli juga berguna untuk meminimalisasi panas yang dihasilkan oleh mesin mobil. Karena keberadaan oli sangat penting, maka Anda juga harus memperhatikan kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli. Jangan sampai terlambat hingga akhirnya nanti Anda kehabisan oli.

Keadaan ini tentunya sangat merugikan sebab bisa jadi mobil Anda akan mengalami turun mesin atau over hault yang tentunya memakan biaya sangat besar. Selain itu, kemungkinan besar mobil mengalami mogok juga lebih besar. Suara mesin juga menjadi lebih kasar ketika mobil kekurangan oli.

BACA LAGI  Tak Boleh Asal Pilih, Kenali 3 Bahan Cover Jok Mobil Berkualitas

Kekurangan oli juga dapat mempengaruhi kinerja komponen yang lainnya. Jangan sampai Anda harus mengganti komponen mesin Anda hanya karena kelalaian dalam memperhatikan tanggal pergantian oli.

Agar Anda tidak perlu mengalami hal seperti yang disebutkan di atas, maka Anda harus paham cara pengecekan sisa oli di dalam mesin. Salah satunya adalah dengan menggunakan alat ukur oli yang sudah tersedia di dalam mobil. Anda tinggal mencelupkan alat tersebut ke dalam tempat oli dan melihat volumenya. Jika sudah masuk dalam tanda rawan, segera bawa mobil ke bengkel.

Selalu Bawa Emergency Kit

Ketika berkendara, baik dengan mobil baru maupun lawas, jangan lupa untuk selalu mempersiapkan emergency kit. Di dalam kotak darurat ini biasanya terdapat tali, peralatan P3K, berbagai kunci, senter dan juga peralatan lainnya. Semua alat tersebut akan sangat berguna jika Anda mengalami kesulitan ketika berada di jalan dan jauh dari bantuan.

Cara Mengganti Lampu Mobil

Hal yang tidak boleh luput dari pemilik mobil adalah kemampuan untuk bisa menggangi lampu mobil. Walaupun sebenarnya proses pergantian lampu ini tidak terlalu sukar, namun ternyata masih ada saja pemilik mobil yang tidak bisa menggunakan cara ini. Selain menggangi lampu, Anda juga harus paham jenis lampu yang cocok untuk mobil Anda.

Anda dapat mempelajari cara mencopot serta memasang lampu mobil ini di beberapa media. Selalu perluas informasi yang Anda miliki terutama yang berkaitan dengan kepemilikan mobil.

Menggunakan Asuransi

Untuk menghindari risiko yang terjadi ketika Anda membawa mobil baru ke luar rumah, maka hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengasuransikan mobil Anda. Sudah banyak kejadian mobil baru yang mengalami musibah padahal belum sempat diasuransikan. Hal ini tentunya sangat menyesakkan.

Maka dari itu tidak ada salahnya Anda menggunakan asuransi untuk mobil Anda. Selalu pilih asuransi yang terpercaya untuk menangani masalah mobil Anda.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!