Pada umumnya, mayoritas para pemilik mobil masih belum tahu atau belum mengerti betul soal cara membersihkan mesin mobil yang baik dan benar. Ditambah lagi, para pemilik mobil khawatir akan terjadi kerusakan pada mesin jika mesin mobil dibersihkan sendiri. Alhasil, mesin mobil pun jadi jarang dibersihkan hingga dipenuhi dengan kerak bekas oli dan berbagai jenis kotoran membandel.

Padahal, sebagai salah satu komponen yang paling krusial, mesin mobil wajib mendapatkan tak hanya perawatan berkala namun juga proses pembersihan rutin secara menyeluruh. Nah, agar tak melulu bergantung pada pihak bengkel, simak barisan 5 kiat membersihkan mesin mobil berikut ini.

Cara Membersihkan Mesin Mobil Supaya Awet dengan Teliti dan Hati-Hati

Panasi Mesin Mobil

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Langkah pertama sebelum membersihkan mesin mobil adalah Anda wajib memanaskan terlebih dahulu mesin mobil Anda. Namun pastikan bahwa mesin mobil hanya dipanaskan hingga keadaan hangat saja. Dibandingkan dengan membersihkan mesin mobil dalam keadaan dingin, cara ini terbilang lebih efektif lagi efisien.

Sebab, bekas kotoran dan kerak yang menempel akan menjadi lebih mudah dihilangkan pada saat mesin mobil sedang dalam keadaan hangat. Namun ingat, jangan menyiram mesin pada saat keadaan panas karena ditakutkan akan merusak beberapa tipe komponen mesin. Maka jika mobil sedang berada dalam keadaan terlalu panas, tunggu dulu hingga temperatur mesin sedikit menurun.

Cek Perangkat yang Perlu Dilindungi dari Air

Sayangnya, masih belum ada alat dengan fungsi seperti cover mobil anti air untuk membungkus bagian perangkat mesin yang bersifat elektrik. Jadi baiknya Anda menggunakan bantuan plastik atau alumunium foil. Fungsinya adalah agar perangkat mesin tersebut tidak kemasukan air. Komponen yang masuk dalam kategori ini termasuk komponen seperti busi, fuse box, dan engine control unit.

Perangkat lain yang harus diperiksa adalah tongkat pengecek oli dan tutup oli mesin. Ada pun fungsi dari pemeriksaan ini ialah agar bagian oli mesin tidak terkontaminasi dengan air.

Bersihkan Bagian Kap Mobil

Jika pada cara membersihkan kaca mobil adalah memakai pasta gigi agar tidak ada baret, maka pada bagian kap mobil cukup memakai sabun colek saja. Karena dalam sabun colek sudah terdapat kandungan yang ampuh membasmi kotoran bekas oli sekali pun.

Bila perlu, siapkan pula sebuah sikat untuk menggosok kerak atau bekas kotoran yang sulit hilang pada bagian kap mobil bawah Anda. Kalau sudah, bilas hingga bersih dan pastikan untuk bahwa tak ada jejak air sabun yang tertinggal.

Bersihkan Mesin Mobil

Langkah ini merupakan langkah yang paling mendebarkan sebab jika ada kesalahan dalam hal eksekusinya, maka dapat berujung pada kebobrokan mesin mobil Anda. Tapi jangan cemas, langkahnya tergolong mudah asal dilakukan dengan sembrono.

Pertama-tama, siram mesin dengan air bersih bertekanan rendah, bisa memakai bantuan selang air atau botol spray. Bila menemukan kerak pada mesin, bersihkan dengan kuas atau spon yang sudah diolesi dengan cairan khusus penghilang kerak mesin mobil. Semisal kerak pada mesin masih tak kunjung enyah dari pandangan, maka Anda boleh menyemprot mesin dengan air bertekanan sedikit lebih tinggi.

Jika Anda kesulitan dalam menggapai beberapa titik pembersihan mesin yang sulit dijangkau, maka Anda dapat memanfaatkan tongkat yang telah diikatkan dengan kain. Kain yang dipergunakan adalah kain yang halus.

Keringkan Mesin Mobil

Sama halnya dengan proses pembersihan, proses pengeringan mesin mobil juga memiliki trik tersendiri. Supaya benar-benar kering, mesin mobil sejatinya di lap menggunakan plas chamois atau yang kerap dikenal dengan sebutan kain serat.

Terakhir, siapkan alat yang dapat menghasilkan udara bertekanan tinggi untuk mengeringkan bagian soket elektrik mesin mobil. Kalau langkah akhir ini tidak dilakukan, bahaya korsleting pada mesin pun dapat sewaktu-waktu terjadi.

Demikianlah cara membersihkan mesin mobil yang akan membuat mesin Anda menjadi lebih bersih nan tahan lama tanpa menimbulkan kerusakan apapun. Perlu diingat bahwa jangan sampai satu saja langkah di atas terlewat agar proses pembersihan mesin mobil menjadi sempurna.

Download Ebook 18 Cara Merawat Mobil

 

Sayangi mobil anda, download Ebook 18 Cara Merawat Mobil yang pasti membuat mobil anda semakin awet, masukkan nama dan email untuk mengakses Ebook ini.

Full Color eBook | Cheat and Sheet | Dilengkapi gambar

You have Successfully Subscribed!