fbpx

Interior mobil yang tampil lebih indah tentunya menjadi dambaan bagi setiap pemilik mobil. Selain menambah nilai estetika tersendiri, tampilan interior mobil yang lebih indah membuat pengemudi dan penumpang menjadi merasa nyaman saat berkendara. Salah satu cara yang bisa dipakai untuk mengubah tampilan interior mobil menjadi lebih indah adalah dengan melapisi jok mobilnya dengan sarung pelindung jok mobil. Selain berfungsi untuk mengubah tampilan interior mobil menjadi lebih indah, melapisi jok mobil dengan sarung pelindung jok mobil juga berguna untuk melindungi kulit jok mobil dari resiko pudar dan sobek-sobek. Banyaknya penjual cover jok mobil yang menawarkan berbagai jenis cover jok dengan jenis bahan dan kualitas membuat agan harus hati-hati sebelum menentukan pilihan cover jok mana yang akan agan ambil untuk melapisi jok mobil agan.

#1 Bahan cover jok mobilĀ 

 bahan cover jok mobil yang bagus

Source: Google

Sebelum memilih jenis cover jok mobil, penting untuk agan tahu tentang berbagai jenis cover jok mobil yang ada di pasaran. Umumnya, cover jok mobil yang ada di pasaran ada dua jenis yaitu cover jok kulit asli dan cover jok kulit sintesis. Sesuai namanya, cover jok mobil kulit asli terbuat dari bahan kulit asli dan cover jok mobil sintesis terbuat dari bahan kulit sintetik atau buatan. Dilihat dari kualitas bahannya, tentunya harga cover jok mobil dengan bahan kulit asli lebih mahal dari bahan kulit sintetis. Biaya perawatan cover jok mobil bahan kulit asli tentunya juga lebih mahal dari biaya perawatan cover jok mobil bahan kulit sintesis. Biaya yang mahal ini sebenarnya impas dengan kualitas cover jok lembut, nyaman, adem, anti gores, dan tentunya terlihat mewah nan elegan. Meskipun dari segi harga cover jok mobil dengan bahan kulit sintesis lebih murah daripada cover jok mobil bahan kulit asli, namun bukan berarti secara kualitas kalah dengan cover jok mobil bahan kulit asli. Saat ini sudah banyak cover jok mobil bahan kulit sintesis yang kualitasnya menyerupai cover jok mobil bahan kulit asli. Perawatannya yang lebih mudah dan banyaknya pilihan warna juga jadi kelebihan dari cover jok mobil bahan kulit sintesis.

#2 Jenis pemasangan cover jok mobil

 Jenis pemasangan cover jok mobil

Source : Google

Mau melindungi mobil anda dengan maksimal? pakai ini -> KLIK DISINI

Setelah paham dan memilih bahan cover jok mobil mana yang mau agan pakai, perhatikan juga jenis atau tipe pemasangan cover joknya. Pemasangan cover jok biasanya ada dua jenis yaitu paten dan semi permanen. Nah sebelum memilih cover jok mobil, pastikan dulu kebutuhan jenis pemasangannya ada apa saja dan sesuai atau tidak dengan kebutuhan agan.

#3 Model cover jok mobil

model cover jok mobil

Source : Google

Karena memasang cover jok mobil erat kaitannya dengan tampilan interior mobil, model dari cover jok penting untuk dipertimbangkan. Model jok mobil mewah biasanya sudah tidak perlu cover jok mobil lagi karena model dan motifnya yang sudah membuat interior mobil terlihat mewah. Model standar adalah model yang paling mudah dan murah. Sarung jok mobil lucu juga bisa agan pilih demi menyenangkan anak-anak agan saat perjalanan menggunakan mobil. Usahakan model cover jok yang akan agan pilih sesuai dengan ukuran ruang dalam mobil dan juga sesuaikan dengan tema desain interior kabin mobil agar pengemudi dan penumpang tetap nyaman dan senang selama perjalanan mobil.

#4 Pilihan warna cover jok mobil

pilihan warna cover jok mobil

Source : trend otomotif terbaru

Agar antara jok mobil dengan nuansa interior kabin mobil tidak bertabrakan, perhatikan saat memilih warna cover jok mobil, apakah sudah warna cover jok yang akan dipilih sudah sesuai dengan warna tema desain interior mobil agan atau belum. Cover jok mobil yang elegan biasanya sesuai dengan warna jok mobil elegan. Selain kesesuaian antara antara warna cover jok dengan nuansa interior mobil, perhatikan juga kesesuaian antara warna cover jok dengan warna benang jahitan luar. Tidak harus senada, pilihan warna yang kontras antara cover jok dengan benang juga menarik untuk dipilih. Pada cover jok bahan kulit sintesis pilihan warna cover jok makin bervariasi. Selain itu motif-motifnya juga beragam. Perpaduan dua warna atau lebih juga bisa diambil demi membuat tampilan interior kabin mobil lebih menarik. Perpaduan dua warna biasanya dilakukan pada model cover jok sporty.

#5 Pinggiran jahitan cover jok mobil

 jahitan cover jok mobil

Source : sarung jok

Sebagai sentuhan akhir, double stitch biasanya jenis jahitan yang paling sering digunakan. Spesial di bagian pinggiran cover jok, biasanya juga terdpat pilihan untuk menggunakan lis atau selang. Sentuhan akhir model seperti ini terkesan sangat sederhana dan tidak terlalu berpengaruh pada tampilan jok mobil, padahal sangat berpengaruh pada tampilan akhir jok mobil. Sebelum menentukan pilihan mau seperti apa model pinggiran jahitan, mintalah pada produsen cover joknya contoh atau gambar cover jok mobil yang mereka bisa bikin agar agan bisa mengira-ngira cover jok seperti apa yang akan tampil pada interior mobil agan nantinya.

#6 Pilih Merek Bekualitas

cover jok cover super

Source : cover jok sporty

Biasanya kredibilitas merek mempengaruhi kualitas barang dan pelayanan dari barang tersebut. Nah, maka dari itu usahakan pilih merek cover jok mobil dari produsen yang mereknya sudah terkenal dan kredibilitasnya terpercaya. Bagaimana cara mengetahui merknya berkualitas atau tidak? Gampang gan. Lakukan survei ke orang-orang di sekitar agan, lalu tanyakan apakah mereka tau merek dari cover jok yang akan agan beli dan bagaimana pendapat mereka terhadap merek tersebut. Selain cara menanyakan ke orang lain, cara lain untuk mengetahui kredibilitas merek dari barang yang akan agan beli bisa juga dengan mencari review merek barang produk tersebut di internet.

#7 Pilih bahan cover jok mobil yang dilengkapi anti UV

cover jok anti uv

Source : toko online 88

Bahan cover jok mobil yang memiliki lapisan anti UV punya manfaat selain untuk melindungi jok mobil juga supaya struktur kulit jok mobil awet dan warna dari cover jok mobil tidak cepat pudar atau rusak. Bahan yang dilapisi anti UV juga dapat menangkal hawa panas yang ada di jok mobil sehingga meskipun mobil sedang parkir di tempat yang panas, suhu udara di dalam kabin tetap terjaga. Untuk mengetahui bahan cover jok mobil dilengkapi pelindung anti UV atau tidak, coba jemur sampel bahan tersebut selama 30 menit lalu bawa contoh bahan tersebut ke dalam ruangan yang ber-AC. Jika suhu berubah menjadi lebih dingin dalam waktu 5 menit itu artinya kualitas cover jok mobil tersebut bagus.

#8 Pilih bahan cover jok anti air

cover jok mobil anti air

Source : Jakarta notebook

Biasanya bahan cover jok mobil yang tahan terhadap air memiliki daya elastisitas yang baik. Itu artinya bahan cover jok mobil tersebut lebih tahan terhadap tarika dan guncangan sehingga tidak gampang sobek atau retak. Cara sederhana untuk mengetahui bahan cover jok mobil tersebut bisa anti air atau tidak, coba remas-remas bahan cover jok mobil tersebut. Bahan cover jok mobil yang bagus tidak akan mudah kusut apalagi meninggalkan bekas karena luntur, tidak kaku, dan bentuknya cepat kembali ke bentuk semula. Cara lain bisa dengan meneteskan air ke permukaan dan memeriksa cover jok tersebut apakah terdapat rembesan yang muncul dari bali cover jok tersebut.

#9 Pilih produsen cover jok yang terpercaya

 cover jok mobil cover super

Source : Google

Sebelum menentukan pilihan cover jok mobil mana yang akan agan pakai untuk melindungi jok mobil agan, pilihlah produsen pembuat cover jok mobil yang jujur, terpercaya, bonafit, dan memiliki standar kualitas pekerjaan yang baik. Hal ini bertujuan juga agar agan terhindar dari penipuan atau oknum nakal yang tidak bertanggung jawab. Coba minta rekomendasi dari teman atau kerabat dekat produsen cover jok mobil mana yang memiliki reputasi yang baik.

#10 Jangan mudah tergiur harga murah. Karena MAHAL = BAGUS

 cover jok mahal

Source : Google

Ketatnya persaingan dalam dunia bisnis membuat para produsen cover jok mobil memberikan potongan harga untuk menarik perhatian calon konsumen. Sebelum membeli, agan patut curiga kalau harga yang ditawarkan jauh di bawah harga rata-rata. Salah-salah kualitas cover jok mobil tersebut ternyata tidak sebagus yang agan bayangkan. Cara yang bisa agan lakukan untuk memastikan keaslian cover jok mobil tersebut bisa dengan memeriksa color swatch atau colo sample satu product. Coba lihat bagian dasar atau belakang dari cover jok mobil tersebut. Cek adakah logo sesuai merek yang diinginkan.

Nah, itu dia tadi 11 tips untuk memilih cover jok mobil yang berkualitas. Dari tips ini agan bisa menilai cover jok mobil yang mana yang sesuai dengan kebutuhan agan. Sekian tips kali ini, selamat mencari cover jok mobil berkualitas ya gan !

BACA LAGI  Inilah Merk dan harga Cover Mobil Anti Air